Senin, 15 Maret 2010

Pembangunan jembatan Ngemplak selesai

Pembangunan jembatan Ngemplak di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, selesai. Beberapa waktu lalu konstruksi steger papan pengecoran pembangunan jembaran ini sempat jebol akibat tergerus arus sungai.


Proyek pembangunan jembatan yang sempat terhenti itu dilanjutkan setelah masyarakat memberi bantuan secara swadaya.

Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Nguter, Marino mengatakan, jembatan Ngemplak merupakan jembatan yang dibangun melalui dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP). Lantaran pembangunannya telah rampung, jembatan tersebut segera diserahterimakan kepada pemerintah dan masyarakat.

”Dulu sempat jebol tapi sekarang jembatan Ngemplak sudah selesai dan bisa digunakan, sehingga bisa membantu mempermudah akses masyarakat sekitar,” katanya kepada Espos, Senin (1/2).

Hal senada juga dikatakan Kepala Desa Pengkol, Sugiyo. Menurutnya, jembatan tersebut sangat dibutuhkan, maka warga berswadaya membantu pembangunan jembatan tersebut.

Di sisi lain, Marino mengatakan, selain jembatan Ngemplak, hingga saat ini pihaknya juga masih melakukan pembangunan jembatan di Desa Kepuh yang menghubungkan Dukuh Kedungdowo dengan Dukuh Ngaridoyo. Jembatan yang dibangun di atas aliran Sungai Jelantah tersebut, menghabiskan biaya hingga Rp 500 juta yang bersumber dari swadaya dan dana PNPM.

”Pembangunannya sudah 70%, tiang atau cincin jembatan juga sudah terpasang tinggal dilanjutkan saja, mudah-mudahan cuaca juga mendukung,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jembatan dengan panjang 24 meter dan lebar 2,5 meter tersebut ditargetkan rampung akhir Februari. Jembatan itu, katanya, bisa menahan beban hingga 30 ton. - Oleh : ufi

0 komentar:

Leave a Comment